Selasa, 05 Mei 2009

Teknologi Multimedia Adalah Sihir Modern

Istilah Multimedia saat ini agak sedikit membingungkan dikarenakan perkembangan teknologi yang begitu cepat dengan bermunculan media-media baru yang kesemuanya itu bisa saling digabungkan. Dulu istilah multimedia hanya digunakan untuk menyebut presentasi yang ditampilkan ke layar dengan tampilan gambar dan tulisan statis saja.

Zaman sekarang tidak hanya gambar atau tulisan yang ditampilkan, tetapi juga ada elemen suara, animasi, video dan interaksi. Itulah elemen-elemen yang ada dalam multimedia saat ini. Dan definisipun berubah menjadi media elektronik yang menyimpan dan menampilkan elemen-elemen tersebut. Saya sering sekali membawakan seminar tentang hal ini di depan mahasiswa-mahasiswa baru, khususnya jurusan teknologi informasi. Munculnya istilah teknologi informasi tidak lepas dari data multimedia. Bagaimana pendistribusiannya menggunakan teknologi.

Multimedia dapat memberikan suatu sensasi dan pengalaman unik. Berbagai manipulasi gambar dan video menggunakan teknologi canggih menambah daya tarik multimedia. Saya sering menyebut teknologi ini adalah SIHIR MODERN. Pendistribusiannya ke segala lapisan masyarakat menggunakan teknologi multimedia seperti handphone, televisi, web, pda dan game-game station membuat informasi sudah tidak mungkin dibendung lagi oleh ruang dan waktu.

Setiap elemen mempunyai software sendiri untuk dimanipulasi. Sekarang antara benar dan salah sudah tidak kelihatan lagi karena efek dari manipulasi ini. Anda akan bisa tertipu dengan mudah bila tidak memahami teknologi ini. Seperti elemen gambar atau foto bisa dimanipulasi dengan software adobe photoshop, video dengan adobe after effect, animasi dengan flash dan software 3d seperti 3d studio max, maya. Kemudian suara yang jelek menjadi merdupun bisa dimanipulasi dengan sound forge atau cool edit. Dan iklan-iklan di televisi banyak sekali memanipulasi fakta sehingga orang-orang menjadi tergiur dengan apa yang ditawarkan.

Saya pernah melihat iklan obat nyamuk yang asapnya bisa menempeleng si nyamuk, atau bisa membentuk panah mengejar nyamuk. Walaupun kita tahu itu tipuan, tetapi alam bawah sadar kita percaya. Dan kemudian saat kita ke mall tanpa sadar kita bisa membeli obat nyamuk tersebut. Ini adalah efek dari multimedia. Celakanya kalau digunakan secara tidak benar akan membuat masyarakat menjadi bodoh.

Semoga artikel ini bisa menyadarkan masyarakat akan dampak dari multimedia. Jangan takut akan teknologi, jangan menghindari teknogi. Tetapi pelajari dan pahami sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Jangan sampai teknologi ini hanya jatuh ke tangan pendekar berwatak jahat… hehehe tuh kan, saya sendiri sudah terhipnotis karena sering menonton film kungfu.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Pengikut

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
bantul, DIY, Indonesia
Aku tuh Bocah Ndesoo... yang sekarang lagi tinggal di kota jogja tuk cari Ilmu.