Selasa, 05 Mei 2009

Desain Grafis

Grafic DesignDesain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar. Dimana gambar tersebut harus dapat menarik perhatian, enak dipandang, serta pesan inti dari yang ingin disampaikan dapat dipahamai sasaran. Adapun contoh beberapa bidang garapan desain grafis adalah sebagai berikut :

Desain cover buku, layout halaman, Cover CD, brosur, inerface, kartu undangan, kartu nama, sign system, logo, web design, animasi, packaging/kemasan, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan dan masih banyak lagi.

Langkah terbaik jika ingin mendalami desain grafis adalah dengan melalui jalur perguruan tinggi. Akan tetapi siapapun dapat mempelajari desain grafis asal memiliki kemauan, keyakinan, dan ketekunan. Weblog ini secara ringkas mengenalkan sebagian kecil dari dunia desain grafis yang penuh cita rasa akan seni.

Desain adalah proses, cara, dan perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah goresan yang berupa titik atau garis yang berhubungan dengan cetak-mencetak.

Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara foto, angka, grafik, kata-kata, gambar yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan beberapa elemen-elemen desain grafis tersebut diatas, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, serta mengejutkan atau subversiv dan sesuatu yang mudah diingat. Ruang lingkup Desain grafis sangat bayak dikarenakan Desain Grafis merupakan cabang ilmu dari SeniĆ  Desain.

Seorang Desainer harus ditopang oleh minimal lima dimensi keilmuan: [1] Wawasan Teknologi, [2] Wawasan Sains, [3] Wawasan Seni [4] Wawasan Sosial dan Budaya, [5] Wawasan Filsafat dan Etika

Salah satu elemen desain grafis adalah huruf atau font. font menjadi sangat penting digunakan karena mewakili isi dan maksud yang akan disampaikan oleh pemberi pesan. dengan font tersebut desainer dapat menuangkan pesan yang ingin disampaikan.Agar pesan dapat sampai dengan lebih efektif kepada pembaca pesan maka perlu diperhatikan pemilihan jenis font yang tepat dengan isi pesan yang ingin disampaikan. hal ini sangat penting karena font yang dipilih dapat mewakili atau menggambarkan isi pesan yang disampaikan.

Tersedia banyak sekali font yang bisa anda pilih untuk mewakili karakter pesan. anda dapat mengunjungi alamat website/blog/situs penyedia font di bawah http://www.redsun.com atau http://www.fontface.com dan http://www.fontframe.com . Perlu pemilihan font atau huruf yang cermat agar desain anda bisa benar-benar harmonis antara pemilihan kata dengan pesan yang ingin disampaikan. jangan sampai karena anda suka dengan font tertentu kemudian asal pakai pada setiap desain anda, tidak baik untuk kesehatan mata dan sebagainya.

Selamat Berkarya !

Tidak ada komentar:

Pengikut

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
bantul, DIY, Indonesia
Aku tuh Bocah Ndesoo... yang sekarang lagi tinggal di kota jogja tuk cari Ilmu.