Selasa, 05 Mei 2009

2 dan 3 dimensi animator

Untuk para pencita seni animasi, baik dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, tools pendukung dalam bentuk file skrip animasi (action script) ataupun model 3D akan sangat membantu dalam proses pembuatan animasi.

Sumberdaya untuk itu tak sulit dicari diinternet, baik yang gratis atau berbayar. Memang jarang yang gratis, tapi bukannya tidak sama sekali. Untuk animator 2D yang senang menggunakan Adobe Macromedia flash sebagai tool pembuat karya, situs www.flashtica.com adalah tujuan yang wajib dikunjungi. Ini berisi direktory ke sumberdaya gratisan.

Jika anda hendak mendapatkan aneka action script gratis, masuk saja ke www.actionscripts.co.uk, dimana beberapa action script siap diunduh. Hal yang sama anda dapatkan dari www.hotscripts.com (subkategori Flash) dan juga www.flashvista.com (yang menyediakan sumberdaya flash, mulai template hingga aneka website link penyedia flash file).

Yang tak boleh dilewatkan oleh para praktisi animasi flash adalah www.ffiles.com. Para praktisi animasi flash menayangkan karya-karya mereka yang bisa diambil bebas. Untuk bisa mengunduhnya, miliki dulu account website ini.

Buat yang masih banyak belajar soal animasi 2D ini, www.kirupa.com juga tak boleh ditinggalkan. Situs yang diperuntukan untuk pencari tuntutan desain grafis juga menyediakan aneka tutorial gratis sampai action script yang bisa ditiru.

Pencinta animasi 3D juga memiliki banyak sumber daya. Misalnya, anda membutuhkan aneka model 3D untuk melengkapi karya. Cobalah lari ke pusatnya, www.3dxtras.com. Disini anda bisa mendapatkan sumberdaya 3D gratisan asalkan menjadi membersnya. Pendaftaran menjadi anggota ini gratis. Model 3D untuk aplikasi AutoDesk 3Ds Max, AutoDesk Maya, Softimage XSI dan Lightwave 3D siap diunduh kapan saja.

Selain 3DXtras.com masih banyak lagi situs penyedia model 3D tanpa bayaran. Kebanyakan tak sekaligus menyediakan tekstur untuk grafis 3D. Untuk tekstur, anda bisa melongok situs www.3dtexture.net dan www.free3dtextures.com. Aneka jenis tersedia. Dan jika ada yang menarik, anda bisa langsung mendownloadnya. Dalam mencari tekstur, sebaiknya anda mencari yang beresolusi tinggi agardetil tekstur tetap tajam dan tidak pecah saat diaplikasikan.

Masih amatir dalam grafis 3D? Tak perlu risau. Banyak panduan untuk membimbing anda mendalami teknik grafis 3D. Salah satunya adalah www.amazing3d.com/services/3dbooks.shtml. Disini tersedia aneka link untuk beragam tutorial, baik untuk aplikasi Autodesk 3ds Max, DAZ Bryce, Lightwave 3D, Autodesk Maya, Rhino, SoftImage XSI, dan Caligari Truespace.

Untuk yang paling komplit, sambangi www.cgtutorials.com. Tak hanya panduan untuk penggunaan aplikasi 3D namun tersedia pula tutorial Macromedia Flash, Adobe Photoshop, dan CorelDraw.

Tidak ada komentar:

Pengikut

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
bantul, DIY, Indonesia
Aku tuh Bocah Ndesoo... yang sekarang lagi tinggal di kota jogja tuk cari Ilmu.